POSITA: Mahasiswa dalam Perkembangan Teknologi Finansial dan Transaksi Elektronik

sesi foto bersama dalam rangkaian acara Posita 2019 oleh Himpunan Mahasiswa Perdata Fakultas Hukum Universitas Andalas, Senin(4/3)

GEMAJUSTISIA.COM, PADANG – Seminar Nasional Finansial Teknologi dan Transaksi Elektronik dalam rangka Pekan Solidaritas Mahasiswa Pardata (POSITA) resmi dibuka oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Perdata Afif Setia Budi pada pukul 10.02 WIB,  Senin (4/3). Seminar ini direncanakan dibuka oleh Dekan Fakuktas Hukum Unand, akan tetapi berhalangan hadir karena ada rapat.

Ketua Pelaksana Hafiz Aulia dalam sambutannya mengatakan bahwa seminar ini merupakan rangkaian dari acara posita dan merupakan agenda terbesar tahunan. Adapun  rangkaian POSITA yaitu seminar nasional, donor darah, dan penyuluhan hukum kepada masyarakat.

“Materi ini sangat bermanfaat khususnya bagi mahasiswa tahun akhir yang sedang menulis tugas akhir serta bagi mahasiswa yang sedang kuliah dapat menunjang pemahaman dan wawasan terkait hukum perdata,” kata Hafiz.

Sementara itu, seminar yang dimoderatori oleh Azim ini berjalan santai. Azim menjelaskan,
“Finansial teknologi adalah teknologi hasil inovasi keuangan yang berbasis teknologi, teknologi ini bisa mempermudah setiap orang untuk melaksanakan transaksi apapun.”

Narasumber Bank Indonesia Ike Sri Utami selaku Analis Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah, Keuangan Inklusif dan Perlindungan Konsumen  mengemukakan, bahwa finansial teknologi berkembang karena infleksibilitas sistem keuangan formal pasca krisis ekonomi global yang cenderung memperketat regulasi serta pesatnya inovasi teknologi.

Ike juga menambahkan bahwa saat ini banyak masyarakat yang telah menggunakan maupun menyediakan finansial teknologi dan transaksi elektronik tersebut. Di kalangan mahasiswa, tanpa disadari teknologi ini sangat mempermudah akses dalam hal apapun. Contohnya penggunaan aplikasi ovo, go-jek,  grab oleh mahasiswa baik sebagai yang bekerja untuk digunakan jasanya maupun pelanggan biasa.

Sementara itu, narasumber Otoritas Jasa Keuangan Sumatra Barat Syukri Daneli Pengawas Sub Bagian Industri Keuangan Non Bank (IKNB) menjelaskan, untuk mendukung perkembangan finansial teknologi dan akses e-commerce oleh pelaku industri dan customer perlu adanya pengawasan yang optimal dari pemerintah, terutama menyangkut masalah regulasi yang lebih ditekankan pada hak dan kewajiban masing-masing pihak terlibat dalam kegiatan tersebut.

Seminar nasional ini berlangsung akademis dan ditutup dengan sesi tanya jawab antara narasumber dan peserta.

Reporter: Rona Fitriati Hasanah
Editor: Aulia Maharani