Menlu Retno: “Mendukung Palestina adalah Mendukung Keadilan”

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi memberikan kuliah umum di gedung Convention Hall Universitas Andalas Padang

GEMAJUSTISIA.COM, PADANG – Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengatakan Indonesia akan terus mendukung perjuangan Palestina, hal tersebut merupakan amanah konstitusi karena mendukung Palestina adalah mendukung keadilan.

Hal itu disampaikannya saat memulai kuliah umum, dalam rangkaian acara Diplomacy Festival atau DiploFest di Kampus Universitas Andalas, Limau Manis, Sabtu (02/02/2019).

Dalam kuliah umumnya, Retno Marsudi menyatakan bahwasanya diplomasi Indonesia dikenal kokoh dengan dua hal yaitu perdamaian dan kemanusiaan yang aktif, bersahabat, bermatabat, dan ikut membangun perdamaian serta kesejahteraan dunia.

Isu Palestina merupakan isu yang menjadi prioritas diplomasi Indonesia, selain Isu Afghanistan dan muslim di Myanmar.

Berbicara mengenai isu Palestina, Retno Marsudi menyatakan tidak ada opsi lain dalam penyelesaian konflik Israel dan Palestina selain opsi two state solution. “Two state solution is the only one option,” ujarnya.

Opsi tersebut disampaikan Menlu Retno pada saat debat terbuka Dewan Keamanan (DK) PBB di New York pada 22 Januari lalu. Menurutnya, tidak ada opsi lain selain two state solution, sehingga Indonesia harus tetap kokoh di dalam konsep two state solution untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

Setelah menyampaikan statement tersebut pada debat terbuka DK PBB, Retno menceritakan bahwasanya Kementrian Luar Negeri Palestina pada tanggal 23 Januari mengeluarkan satu rillis secara khusus yang intinya berisikan ungkapan “Thankyou Indonesia”.

Selain itu perempuan yang sudah 32 tahun menjadi diplomat ini juga menyatakan, masalah palestina selain masalah keadilan adalah masalah terhadap hukum internasional dan resolusi-resolusi PBB.
“Sudah cukup banyak resolusi PBB yang dilanggar, kemerdekaan Palestina tentunya akan memiliki banyak jalan terjal di depannya, tetapi satu yang pasti, kita tidak akan menyerah untuk selalu mendukung Palestina.”

Diakhir pembahasannya mengenai isu Palestina, perempuan pertama yang menjadi Menteri Luar Negeri ini menyampaikan sebuah pantun.
“Bunga melati harum daunnya,
Dirangkai dalam vas kristal putih warnanya,
Indonesia akan terus bersama Palestina,
Sampai kepada titik dia merdeka.”

Reporter : Anggi Herman

Editor : Nurhikmahdatul Ulfa


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *