Minggu , 22 April 2018

Home » Kegiatan » ALSA LC Unand dan GIBEI: PDKT dengan Bursa Efek dan OJK

ALSA LC Unand dan GIBEI: PDKT dengan Bursa Efek dan OJK

April 11, 2018 4:28 pm Category: Kegiatan Leave a comment A+ / A-

Asian Law Student Association Local Chapter Universitas Andalas (ALSA LC Unand) bersama Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GIBEI) mempersembahkan seminar nasional. Seminar ini bertema “Praktik Transaksi Saham di Bursa Efek Indonesia serta Peran Otoritas Jasa Keuangan dalam Melakukan Pengawasan di Industri Pasar Modal.” Seminar bertempat di Ruang Sidang Dekanat Lantai 2 (dua) FHUA dan secara resmi dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Hukum Univeritas Andalas Charles Simabura.

Charles Simabura dalam sambutannya mengatakan bahwa ia sangat mengapresiasi seminar mengenai saham di pasar modal yang dilaksanakan oleh mahasiswa atau UKMF di lingkup fakultas hukum.

“Seminar seperti ini memang seminar yang seharusnya diangkat oleh mahasiswa fakultas hukum, karena di hukum itu tidak hanya belajar pidana dan perdata saja, tapi kita juga memiliki mata kuliah pasar modal. Jika ada mahasiswa yang ingin berprofesi sebagai konsultan bursa saham, seharusnya mulai dari sekarang mengimpelementasikannya, karena sampai sekarang tidak banyak alumni FHUA yang bekerja di Bursa Saham atau OJK”, jelas Charles.

Charles juga berpesan, “Bagi mahasiswa hukum yang ingin menulis skripsi jangan hanya terus-menerus bertema pencabulan ataupun koperasi, tapi alangkah baiknya tulislah skripsi mengenai kejahatan pada transaksi saham di pasar modal.”

Seminar nasional yang menghadirkan pemateri Early Saputra selaku Kepala Kantor Bursa Efek Indonesia perwakilan Padang, dan Fandi Akhmad selaku Kepala Indopremier Sekuritas Indonesia mendapatkan antusias yang luar biasa dari mahasiswa hukum Unand. Hal ini terlihat dari penuhnya kursi-kursi di ruangan tempat berlangsungnya acara tersebut.

Kristin Desi Butar-Butar selaku Ketua Pelaksana menjelaskan, bahwa alasan ALSA LC UNAND mengangkat seminar ini berkaitan dengan program kerja perdivisi. Selain itu, agar mahasiswa hukum lebih mengenal bahwa cakupan hukum itu tidak hanya sekedar pidana dan perdata atau pengetahuan hukum umum saja. Akan tetapi, ada berbagai instansi pemerintahan yang dinaungi oleh hukum dan diawasi oleh hukum.

Disinilah tugas mahasiswa hukum, di mana mereka seharusnya lebih peka terhadap instansi tersebut. OJK sebagai pengganti Bappepam memiliki fungsional sebagai pengawas pasar modal, kewenangan OJK sebagai instasi baru inilah yang perlu diketahui. Selain itu, dalam seminar ini juga dijelaskan bagaimana mekanisme praktik pembelian saham secara langsung. *Ang

ALSA LC Unand dan GIBEI: PDKT dengan Bursa Efek dan OJK Reviewed by on . Asian Law Student Association Local Chapter Universitas Andalas (ALSA LC Unand) bersama Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GIBEI) mempersembahkan seminar na Asian Law Student Association Local Chapter Universitas Andalas (ALSA LC Unand) bersama Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GIBEI) mempersembahkan seminar na Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top