Rabu , 13 Desember 2017

Home » Peristiwa » AMPEK Laporkan Tindakan Represif Kepolisian ke KOMNAS HAM

AMPEK Laporkan Tindakan Represif Kepolisian ke KOMNAS HAM

November 9, 2017 3:56 am Category: Peristiwa Leave a comment A+ / A-

7 (tujuh) mahasiswa dari Aliansi Mahasiswa Peduli Kampus (AMPEK) telah melapor kepada KOMNAS HAM perwakilan Sumbar (Rabu, 8 November 2017). Pelaporan ini terkait tindakan represif dari aparat kepolisian pada aksi yang dilakukan oleh mahasiswa pada hari Sabtu 4 November 2017 lalu.
Laporan ini berisi tentang kronologi aksi serta bukti (foto) adanya tindakan kekerasan yang dilakukan oleh aparat kepolisian dalam penertiban aksi. Adapun isi laporan yang disampaikan oleh AMPEK kepada KOMNAS HAM PERWAKILAN SUMBAR ialah :
1. Pembatasan waktu pelaksanaan aksi damai oleh pihak kepolisian
2. Tidak adanya negosiasi antara mahasiswa dengan polisi, karena polisi langsung membubarkan aksi
3. Pembubaran aksi damai secara paksa disertai dengan tindakan kekerasan oleh aparat kepolisian
4. Pembubaran aksi damai tersebut mengakibatkan beberapa peserta aksi mengalami cedera.
Mahasiswa yang tergabung dalam AMPEK mengecam tindakan represif dari aparat kepolisian, karna tindakan respresif yang dilakukan aparat kepolisian merupakan bentuk pembungkaman kebebasan berpendapat dan pelanggaran terhadap hak asasi manusia, dan merupakan kemunduran dalam demokrasi. Sebagaimana kebebasan berekspresi dijamin di dalam UUD 1945 Pasal 28E ayat 3 dan UU Nomor 39 tahun 1999 tentang hak asasi manusia.

ALIANSI MAHASISWA PEDULI KAMPUS (AMPEK)
(UKM PHP UNAND, BEM FHUA, GMNI UNAND, LAM&PK FHUA).

AMPEK Laporkan Tindakan Represif Kepolisian ke KOMNAS HAM Reviewed by on . 7 (tujuh) mahasiswa dari Aliansi Mahasiswa Peduli Kampus (AMPEK) telah melapor kepada KOMNAS HAM perwakilan Sumbar (Rabu, 8 November 2017). Pelaporan ini terkai 7 (tujuh) mahasiswa dari Aliansi Mahasiswa Peduli Kampus (AMPEK) telah melapor kepada KOMNAS HAM perwakilan Sumbar (Rabu, 8 November 2017). Pelaporan ini terkai Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top