Rabu , 13 Desember 2017

Home » Kegiatan » BAKTI FHUA 2017 yang Lebih Baik.

BAKTI FHUA 2017 yang Lebih Baik.

Agustus 5, 2017 4:23 am Category: Kegiatan Leave a comment A+ / A-

Telah selesai dilaksanakan kegiatan Bimbingan Aktivitas Kemahasiswaan dalam Tradisi Ilmiah ( BAKTI ) Fakultas Hukum Universitas Andalas 2017 sebagai bentuk penyambutan dan pengenalan bagi seluruh mahasiswa baru (Jum’at, 4/8).

Kegiatan yang resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum beserta Civitas Akademika pada Kamis, 3 Agustus 2017 dilaksanakan di gedung serba guna Fakultas Hukum Universitas Andalas. Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari (3-4 Agustus 2017) dikoordinatori oleh Feri Amsari, S.H, LL.M dengan bantuan panitia dari seluruh angkatan 2013 dan kaderisasi dari angkatan 2015.

Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan pemberian materi oleh dosen pengajar fakultas hukum yakni Prof.Yulia Mirwati, dkk. Selain itu, turut hadir penampilan minat dan bakat dari mahasiswa baru berprestasi, yaitu atlet-atlet yang menjuarai kompetisi baik tingkat daerah, provinsi, nasional, bahkan internasional.

BAKTI tahun ini tertata dan lebih disiplin dan mempunyai ciri khas tersendiri dari BAKTI tahun sebelumnya. Ditemui oleh tim Gema Justisia di Gedung Serba Guna FHUA, Adji selaku wakil ketua BAKTI FHUA 2017 menuturkan, “untuk lancarnya acara panitia sudah harus tiba di lokasi pukul 05.30 WIB, dan melakukan breefing sebelum acara dimulai. Sedangkan untuk peserta, harus tiba pukul 07.00 WIB, dilanjutkan dengan registrasi serta pemeriksaan atribut hingga pukul 08.00 WIB.”

Agenda BAKTI pada hari kedua ini diawali dengan kegiatan diskusi umum antara panitia dan mahasiswa baru, hal ini bertujuan agar mahasiswa baru dapat mengasah kemampuan menyampaikan argumen dikhalayak umum.

Selain itu, dilaksanakan pula kuliah umum bersama Hakim Mahkamah Konstitusi Prof. Saldi Isra dan Prof. Aswanto. Prof. Saldi Isra juga memberikan motivasi untuk mahasiswa baru dalam menjalankan perkuliahan dikampus fakultas hukum. Pada pukul 14.00 WIB dilakukan pengenalan kampus fakultas hukum baik dibidang akademik maupun non-akademik, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan bersosialisasi dengan dosen, mahasiswa dan warga kampus lainnya.

Terdapat laporan bahwa ada diantara beberapa mahasiswa baru yang melaporkan panitia kepada Komisi Disiplin Unand dengan tuduhan berkata kasar. Atas laporan tersebut, Komisi Disiplin (Komdis) Unand menegur pihak fakultas hukum. Setelah dikonfirmasi kepada panitia, hal tersebut sama sekali tidak terjadi.

Terkait hal tersebut, Berri Septianda selaku ketua panitia BAKTI FHUA 2017 menegaskan, tidak ada panitia yang melakukan kekerasan fisik dan berkata kasar ataupun segala sesuatu yang tindakannya di luar jalur yang telah ditetapkan oleh pihak Fakultas Hukum Universitas Andalas. Dan Komisi Disiplin telah berkomitmen bahwa tidak akan melakukan hal tersebut terhadap mahasiswa baru. Akan tetapi mahasiswa barulah yang terlalu was-was terhadap penyelenggaraan BAKTI Fakultas Hukum 2017.

Menurut pihak fakultas, BAKTI tahun 2017 ini dinilai lebih baik dari segi kedisiplinan dibandingkan BAKTI tahun 2016 lalu. Hal tersebut terlihat saat panitia melakukan sidak pada hari pertama BAKTI, tidak banyak maba yang melakukan pelanggaran, dan untuk beberapa orang yang melakukan pelanggaran segera diproses oleh panitia.

Panitia BAKTI FHUA 2017 berharap mahasiswa baru dapat menerapkan dan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama kegiatan bakti berlangsung dalam kehidupan sehari-hari yang beretika, disiplin dan rasa bertanggung jawab serta berjiwa solidaritas. *BUC

BAKTI FHUA 2017 yang Lebih Baik. Reviewed by on . Telah selesai dilaksanakan kegiatan Bimbingan Aktivitas Kemahasiswaan dalam Tradisi Ilmiah ( BAKTI ) Fakultas Hukum Universitas Andalas 2017 sebagai bentuk peny Telah selesai dilaksanakan kegiatan Bimbingan Aktivitas Kemahasiswaan dalam Tradisi Ilmiah ( BAKTI ) Fakultas Hukum Universitas Andalas 2017 sebagai bentuk peny Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top