Selasa , 11 Desember 2018

Home » Uncategorized » #DukungUnandTolakLGBT Menjadi Trending Topic Media Sosial di Indonesia.

#DukungUnandTolakLGBT Menjadi Trending Topic Media Sosial di Indonesia.

April 29, 2017 5:56 pm Category: Uncategorized Leave a comment A+ / A-

Sabtu (29/04), pro kontra terhadap surat pernyataan bebas Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) yang dikeluarkan oleh Universitas Andalas sudah menjadi isu nasional. Surat pernyataan ini ditujukan kepada calon Mahasiswa Baru tahun 2017 yang saat ini telah lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Hal ini menjadi viral di media sosial seperti twitter, line, instagram. Banyak yang mendukung dan tak sedikit juga mencibir adanya surat pernyataan tersebut.

Surat pernyataan tersebut dianggap tidak sejalan dengan UUD 1945 sebagai dasar negara. Dimana dalam Pasal 31 ayat (1) yang berbunyi “setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan”. Selain itu, dalam Pasal 28C ayat (1) “Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia”. Dengan diperkuat dengan Pasal 28C ayat (1) tersebut, maka negara harus bisa memfasilitasi warga negara untuk mendapatkan pendidikan.

Banyak netizen yang mencibir surat pernyataan dari pihak Unand, seperti Kokok Dirgantoro dalam akun twitternya @kokokdirgantoro mengatakan, “Kalau nanti saya buka lowongan pekerjaan, sila yang LGBT melamar. Saya tak akan diskriminasi. Saya perlakukan sama dgn pelamar lainnya”.

Komentar netizen terkait surat pernyataan bebas LGBT sebagai syarat pendaftaran ulang mahasiswa baru 2017. 2

Dengan banyaknya cibiran mengenai surat pernyataan tersebut, tidak sedikit juga netizen yang memberikan apresiasi, seperti salah satu diantaranya adalah akun @Agus_aditya98 yang mengatakan, “Stuju gw ama surat ANTI LGBT, manusia diciptakan berlawanan jenis dan jodoh sudah diatur, dan yg psti dgn lwn jenis, BUKAN DENGAN SESAMA.”
Komentar netizen terkait surat pernyataan bebas LGBT sebagai syarat pendaftaran ulang mahasiswa baru 2017. 1

Menurut Romi Armezi selaku dosen Hukum Admisnistrasi Negara Fakultas Hukum Unand menjelaskan, “tatkala berbicara tentang tentang kebebasan HAM seseorang, maka perlu diperhatikan lagi ketentuan yg terdapat dalam UUD Pasal 28J dan Pasal 29 ayat (1) terkait pembatasan HAM seseorang yg telah diatur berdasarkan Undang-Undang, bukan dalam artian pemberian HAM yg sebebas-bebasnya kepada setiap orang. Selain itu, salah satu ratio legislasinya adalah untuk menjamin pengakuan dan penghormatan atas kebebasan hak orang lain. Maka salah satunya adalah berdasarkan atas pertimbangan agama dan moral”.

Romi Armezi juga menyayangkan dicabutnya surat pernyataan bebas LGBT tersebut oleh pihak Unand. Dalam pandangan beliau, surat itu seharusnya cukup direvisi dan dilaksanakan secara persuasif dengan pendekatan yang lunak. Ia menyarankan, apabila dikemudian hari calon mahasiswa baru terbukti melakukan aktivitas LGBT, maka harus bersedia di rehabilitasi secara intensif sampai pulih dan normal kembali. Namun sampai saat ini belum ada konfirmasi yang jelas dari pihak Unand. *Mawar

#DukungUnandTolakLGBT Menjadi Trending Topic Media Sosial di Indonesia. Reviewed by on . Sabtu (29/04), pro kontra terhadap surat pernyataan bebas Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) yang dikeluarkan oleh Universitas Andalas sudah menjadi Sabtu (29/04), pro kontra terhadap surat pernyataan bebas Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) yang dikeluarkan oleh Universitas Andalas sudah menjadi Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top