Rabu , 13 Desember 2017

Home » Editorial » Gema Justisia: Membingkai Kebersamaan di Camp Korea

Gema Justisia: Membingkai Kebersamaan di Camp Korea

November 24, 2016 6:17 pm Category: Editorial Leave a comment A+ / A-

Kebersamaan merupakan awal dari keberhasilan sebuah organisasi. Setidaknya kalimat inilah yang mendorong kami untuk mengadakan serangkaian kegiatan Open Recruitment Calon Anggota Muda Gema Justisia 2016, mulai dari tahap pendaftaran, wawancara, workshop jurnalistik, studi media (bekerjasama dengan Padang Ekspress), hingga akhirnya ditutup dengan kegiatan press camp Pada Tanggal 19-20 November 2016 di Sungai Bangek, Lubuak Minturun, Padang. Kegiatan inti dari Press camp yang telah diagendakan dari jauh-jauh hari ini ialah pelantikan para calon anggota muda Gema Justisia.

Demi menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara sesama calon anggota muda dan juga antara calon anggota muda dengan pengurus, maka kami sengaja berangkat menuju Sungai Bangek menggunakan mobil pick up. Sederhana saja, namun momen saat itu lah yang membuatnya menjadi mahal. Hal ini tentu tidak bisa kami dapatkan di hari-hari biasa, dimana kami terlalu disibukan dengan aktivitas kuliah dan liputan. Teriknya matahari tak menjadi penghalang bagi kami untuk saling bercengkrama dan tertawa lepas bersama rekan-rekan kami di Gema Jusitisa.

Sesampainya di sana, tak terelakkan lagi, kami langsung bergegas ke tepi sungai untuk mendinginkan badan sembari menunggu rekan-rekan yang laki-laki mendirikan tenda. Tak terasa jam sudah menunjukkan setengah dua, kami yang sedari tadi sudah kelaparan akhirnya memutuskan makan bersama sebelum memulai kegiatan. Seusai makan, rasanya kami masih belum puas untuk menikmati alam Sungai Bangek, beberapa orang dari kami akhirnya masuk ke sungai dan berenang menikmati segarnya air sungai. Saking Asiknya, tak terasa hari beranjak petang dan kami kembali ke perkemahan yang hanya berjarak kurang lebih dua meter disamping sungai.

Perapian sudah mulai dipersiapkan beserta peralatan memasak lainnya, rencananya malam itu kami akan membuat ayam bakar. Sembari membakar ayam, rekan kami yang lain memasak nasi dengan tungku sederhana yang di buat oleh salah seorang dewan redaksi kami. Kebersamaan saat itu betul-betul membuat kami ingin mengulanginya kembali.

Menjelang magrib, para calon anggota muda berkumpul untuk melakukan tugas liputan pertama mereka (ekspedisi jurnalistik) , kami rasa alam menjadi permulaan yang bagus bagi mereka untuk melakukan liputan. Bermodalkan kertas dan pena serta dasar-dasar liputan yang telah kami sampaikan sebelumnya, mereka yang terbagi atas tiga kelompok bergegas menuju rumah ketua RT dan masyarakat setempat untuk melakukan wawancara terkait lokasi perkemahan yang dinamakan camp Korea oleh penduduk setempat tersebut dan ditambah dengan satu liputan bebas.

Sedikit teledor dari rundown yang telah disiapkan, seusai magrib para calon anggota muda masih sibuk menulis berita mereka bahkan dengan menggunakan senter hand phone, mereka begitu antusias dan bersemangat. Malamnya, susai makan bersama, acara dibuka oleh ketua panitia open recruitment Gema Justisia yakni Syukri Kurniawan. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dari setiap calon anggota muda, pengurus, dewan redaksi dan alumni. Sayangnya, ditengah-tengah perkenalan kami harus sibuk mengemasi peralatan seperti kabel-kabel, genset, infokus, layar, dll karena diguyur hujan. Alhasil, para calon anggota muda yang nampak sudah kelelahan diizinkan untuk tidur telebih dahulu.

Sementara itu, kami pengurus bersama dewan redaksi dan alumni berkumpul untuk mengevaluasi kegiatan kami hari itu. Memang, tidak bisa dipungkiri kurangnya persiapan telah menimbulkan beberapa kendala dalam penyelenggaraan acara tersebut, namun hal itu tidak menyurutkan niat kami untuk terus memberikan yang terbaik bagi calon-calon anggota muda Gema Justisia. Kritikan, saran, dan dukungan dari dewan redaksi serta alumni telah mendorong semangat kami untuk menjadikan Gema menjadi lebih baik lagi. Salah satu hal mereka tekankan, bahwa Gema bukan hanya soal menulis dan menulis, tetapi gema ialah organisasi dan penulisan, organisasi dan penulisan.

Keesokan harinya, kami kembali bergotong royong untuk menyiapkan sarapan pagi. Sederhana saja, nasi gorong dengan telur dadar yang kami nikmati dengan tangan bersama-sama. Memang, tidak ada yang lebih nikmat selain kebersamaan. Seusai makan, beberapa orang pengurus bersama calon anggota gema joging mulai dari perkemahan (camp Korea) hingga ke Kampus IAIN baru yang sedang dalam proses pembangunan. Saking semangatnya, kami sudah mencapai puncak bukit tersebut, dan uniknya dengan sepakat mereka menamakan puncak tersebut dengan ‘puncak gema’. Setelah istirahat beberapa menit, para calon anggota muda Gema Justisia kembali dikumpulkan untuk mempresentasikan hasil liputan mereka yang ditulis dalam bentuk berita oleh masing-masing perwakilan kelompok. Sangat positif, dengan waktu yang singkat kemarin mereka bisa membuat berita yang cukup bagus bagi seorang pemula.

Sekitar Pukul 11.00 barulah secara resmi pelantikan calon anggota muda gema justisia dibuka oleh Syukri Kurniawan selaku ketua panitia. Pagi itu, sebanyak 14 orang calon anggota muda Gema Justisia resmi dilantik oleh pimpinan umum Gema Justisia Rahmat Ilahi. Ditambah empat orang yang berhalangan hadir karena sakit dan ada kepentingan mendadak. Setelah itu, barulah kami berkemas lalu beristirahat sambil menuggu pick up datang menjemput. Kembali, jika ketika berangkat kami diterpa teriknya matahari, ketika pulang kami justru diguyur hujan lebat. Namun tetap saja, di pick up itu, cerita kami tak ada habisnya meskipun sudah sangat lelah dan letih.

Memang tidak ada yang lebih indah selain kebersamaan. Meskipun banyak kendala yang kami hadapi, namun hal tersebut mejadi lecutan bagi kami untuk menjadikan Gema lebih baik lagi, baik itu bagi kami sendiri maupun bagi sobat-sobat Gema lainnya. Besar harapan kami agar Gema bisa terus eksis demi mencapai tujuan layaknya lembaga-lembaga pers lainnya dan semoga kami selalu diberikan kritikan dan saran yang membangun dari sobat-sobat gema sekalian.

Salam Persma!

Gema Justisia: Membingkai Kebersamaan di Camp Korea Reviewed by on . Kebersamaan merupakan awal dari keberhasilan sebuah organisasi. Setidaknya kalimat inilah yang mendorong kami untuk mengadakan serangkaian kegiatan Open Recruit Kebersamaan merupakan awal dari keberhasilan sebuah organisasi. Setidaknya kalimat inilah yang mendorong kami untuk mengadakan serangkaian kegiatan Open Recruit Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top