Rabu , 21 November 2018

Home » Opini » Meningkatnya Angka Kejahatan Akibat Menurunya Keamanan di Kota Padang.

Meningkatnya Angka Kejahatan Akibat Menurunya Keamanan di Kota Padang.

April 14, 2018 8:00 am Category: Opini Leave a comment A+ / A-

Belakangan ini permasalahan-permasalahan dikota padang semakin bertambah baik itu seperti banjir, kemacetan hingga kejahatan.

Kejahatan yang sering terjadi seperti jambret, pencurian, tawuran hingga pembunuhan. Pada kasus tawuran sendiri telah banyak memakan korban jiwa, data tersebut saya dapat dari media lokal dan juga pelaku tawuran itu sendiri.

Dibeberapa titik di kota Padang yang rawan terjadi tawuran salah satunnya di jalan Khatib Sulaiman kota Padang tepatnya dipersimpangan Bundaran Presiden yang mana seakan-akan agenda nya dijadwalkan,tawuran sering terjadi pada malam minggu atau minggu dini hari.

Korbannya pun dari yang luka-luka sampai korban jiwa. Pelaku rata-rata anak sekolahan baik itu SMP sampai SMA, hal ini tentunya mempengaruhi kejiwaan mereka, naluri melukai hingga membunuh pun telah mulai tumbuh pada mereka pelaku tawuran tersebut, senjata yang digunakan pun bermacam-macam dari benda keras hingga senjata tajam, bukan main-main yang digunakan mereka.

Melumpuhkan lawan adalah suatu kebanggan tersendiri bagi mereka yang tergabung dalam anggota tawuran,ini sanggat miris sekali dalam generasi saat ini, semakin banyak mereka menjatuhkan korban itu adalah suatu prestasi bagi mereka sehingga menjadi ajang eksistensi dalam satu kelompok tawuran. Hal tersebut sanggat mencoreng dunia pendidikan di Kota Padang yang mana sebagian besar pelaku tawuran adalah pelajar.

Beberapa hari yang lalu tepat pada tanggal 8/4/2018 sekitar pukul 04:00 WIB sempat menjadi hal yang kontroversi di Kota Padang yaitu jatuhnya satu korban jiwa yaitu seorang driver ojek online yang menjadi salah sasaran amukan oleh geng motor dan juga sekaligus salah satu kelompok tawuran di Kota Padang, TKP di dekat kawasan jembatan siti nurbaya Kota Padang.

Kronologis kejadian, pengakuan dari teman korban, mereka diserang oleh sekelompok orang yang mengendarai motor saat nongkrong ditepi jalan, mereka menjadi korban amukan kelompok tersebut tanpa tau sebab akibatnya, sehingga akibat aksi brutal tersebut timbulnya satu korban jiwa yang meninggal.

Hal ini mustinya menjadi perhatian yang serius, untuk mengantisipasi munculnya korban selanjutnya, hal ini butuh komitmen dari pihak-pihak yang terkait, baik itu kepolisian, satpol pp dan aparat penegak hukum lain dan juga pihak-pihak terkait lainya, agar kedepan nya tidak menimbulkan korban dan keresahan ditenggah-tenggah masyrakat kota padang.

Upaya preventif, represif dan persuasif dari pihak berwajib musti dilakukan dengan komitmen yang serius demi menjaga keamanan dan jatuhnya korban selanjutnya ditenggah-tenggah masyarakat kota Padang.

Andri Firdaus.
Wasekum PA HMI Komisariat Hukum Unand.
13/4/2018.

Meningkatnya Angka Kejahatan Akibat Menurunya Keamanan di Kota Padang. Reviewed by on . Belakangan ini permasalahan-permasalahan dikota padang semakin bertambah baik itu seperti banjir, kemacetan hingga kejahatan. Kejahatan yang sering terjadi sepe Belakangan ini permasalahan-permasalahan dikota padang semakin bertambah baik itu seperti banjir, kemacetan hingga kejahatan. Kejahatan yang sering terjadi sepe Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top