Rabu , 13 Desember 2017

Home » Editorial » Negeriku Masih Seperti yang Dulu

Negeriku Masih Seperti yang Dulu

Agustus 17, 2016 1:42 pm Category: Editorial Leave a comment A+ / A-

Kemerdekaan negara adalah harga mati !!

Sebait kalimat yang pantas kita ucapkan tatkala kembali memasuki momentum Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71. Merdeka berarti lepas, merdeka berarti bebas, lepas dari segala bentuk penjajahan dan bebas dari segala bentuk penindasan. Memperingati hari kemerdekaan negara atau bangsa merupakan bentuk peringatan atas terbebasnya negara atau bangsa dari segala bentuk penjajahan.

Seringkali peristiwa paling bersejarah ini dirayakan dengan sangat meriah, gegap gempita, dan serangkaian acara bermodal fantastis pun dilakukan. Tidak ada yang salah dengan hal ini, justru peringatan hari kemerdekaan merupakan salah satu bentuk semangat nasionalisme yang masih terus melekat dalam dada kita bersama. Namun, nampaknya semakin hari kita semakin keliru dalam memaknai kemerdekaan. Kemerdekaan tidak hanya dengan kibaran bendera, kemerdekaan tidak hanya berupa perayaan berbagai lomba, tapi kemerdekaan ialah ketika semua anak bangsa bisa mengenyam pendidikan layak, kemerdekaan adalah ketika angka pengangguran semakin berkurang, kemerdekaan adalah ketika keadilan di perbatasan dapat ditegakkan.

Tepat 71 tahun yang lalu negara ini telah terbebas dari penjajahan, terbebas dari penindasan bangsa asing. Namun, apakah 71 tahun Indonesia, bangsa ini telah benar-benar merdeka? Saat ini telinga kita masih dibisiki kisah pilu saudara- saudara setanah air yang hidup di perbatasan. Saat ini mata kita masih disuguhi potret-potret kehidupan rakyat miskin yang terlunta-lunta dijalanan, tidur tanpa atap dan alas, mengais butir-butir beras demi menyambung kehidupan. Apakah ini yang dinamakan kemerdekaan? Ketika sesuap nasi harus dibayar mahal? Apakah ini yang dinamakan kemerdekaan ketika bangku sekolah harus dibayar mahal?

Wakil rakyat,mereka yang mengaku sebagai corong bibir rakyat, mereka yang mengaku sebagai pembela kepentingan rakyat,mereka yang bekerja di gedung-gedung mewah, mereka yang menikmati berbagai fasilitas bintang lima. Kunjungan bermodalkan miliyaran rupiah yang katanya demi rakyat. Sementara rakyat hanya menjadi penonton sembari menikmati kemiskinan. Ironi, ketika negara sudah merdeka, tetapi rakyat masih menderita, bahkan sangat jauh dari kata sejahtera

Tenang saja, tak ada yang berubah dari negeriku, negeriku masih seperti yang dulu, negeriku masih seperti 71 tahun yang lalu, saat sangsaka berkibar di ujung tombak dan saat kata ‘Merdeka’ mulai menggema di seluruh penjuru dunia.

*abo&dul

Negeriku Masih Seperti yang Dulu Reviewed by on . Kemerdekaan negara adalah harga mati !! Sebait kalimat yang pantas kita ucapkan tatkala kembali memasuki momentum Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71. Mer Kemerdekaan negara adalah harga mati !! Sebait kalimat yang pantas kita ucapkan tatkala kembali memasuki momentum Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71. Mer Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top