Rabu , 13 Desember 2017

Home » Kegiatan » Ngopi: Diskusi ala Mahasiswa Hukum

Ngopi: Diskusi ala Mahasiswa Hukum

Oktober 19, 2017 9:44 am Category: Kegiatan Leave a comment A+ / A-

Badan Eksekutif Mahasiswa Negara Fakuktas Hukum Universitas Andalas (BEM NM FH-UA) pada Rabu, 18 Oktober 2017 mengadakan acara Wednesday Coffe Morning yang bertemakan “Ngopi Sambil Diskusi”. Pelaksanaan bertempat di Cafetaria Fakultas Hukum (Lapau Mande) dan dimulai pada pukul 10.20 WIB sampai 12.30 WIB.

Diskusi tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Hukum Unand Prof. Dr. Zainul Daulay, S.H, M.H, Wakil Dekan III Fakultas Hukum Unand Charles Simabura, S.H, M.H, Kepala Bagian Tata Usaha Drs. M. Boni, MM, Kepala Subbagian Akademik Arpentius, St, MM, dan Civitas Akademika Fakultas Hukum Universitas Andalas. Selain itu, turut dihadiri oleh tamu undangan dari berbagai kalangan seperti lembaga pers, lembaga otonom, organisasi kemahasiswaan, dan himpunan mahasiswa berbagai jurusan yang ada di Fakultas Hukum Unand.

Prof. Zainul Daulay, S.H, M.H mengatakan bahwa ia sangat mengapresiasi kegiatan diskusi tersebut karena dapat secara langsung berdiskusi mengenai keluhan-keluhan, permasalahan, dan kendala yang dihadapi mahasiswa, serta isu-isu yang beredar di Fakultas Hukum Unand.
Wednesday Coffe Morning “Ngopi Sambil Diskusi” bertujuan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa untuk melakukan diskusi dan tanya-jawab mengenai permasalahan serta birokrasi di kampus, membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk menyampaikan kendala yang dihadapi dengan sistem perkuliahan di Fakultas Hukum, membuka kesempatan kepada UKMF (Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas) dan Lembaga Otonom terkait kendala yang dihadapi dalam menjalankan kegiatan, mempererat tali silaturrahmi dengan Civitas Akademika, serta mengasah kemampuan mahasiswa diluar kemampuan akademis.

Presiden BEM NM FH-UA Dino Wahyu Saputra dalam memberikan sambutan sekaligus membuka acara menyampaikan beberapa hal yang didiskusikan, diantaranya mengenai kebijakan pimpinan, birokrasi kampus, profesionalitas tenaga kerja, transparansi dana lembaga otonom, fasilitas dan layanan kampus, dan permasalahan mahasiswa Fakultas Hukum lainnya. Dengan adanya diskusi, dapat diketahui bagaimana aspirasi dari mahasiswa dan penjelasannya oleh pimpinan.

Seiring berjalannya diskusi, tim Gema Justisia merangkum keluhan-keluhan, permasalahan, dan kendala yang dihadapi mahasiswa, serta isu-isu yang beredar di Fakultas Hukum Unand. Hasil rangkuman diantaranya terkait pengisian KRS, transparansi dana wisuda berbayar, wajib atau tidaknya mahasiswa yang telah lulus kompre untuk mengikuti wisuda, semester pendek, perubahan kurikulum, pelayanan terkait profesionalitas tenaga kerja, dan kejelasan mengenai penyediaan printer oleh Tata Usaha untuk keperluan kemahasiswaan (UKMF dan Lembaga Otonom).

Terdapat beberapa pertanyaan dari mahasiswa yang tidak dapat dijelaskan oleh pimpinan, karena ada pimpinan yang berhalangan hadir dan pimpinan yang hadir pun tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut secara pasti karena bukanlah kewenangannya. Terkait hal tersebut, Wakil Dekan III Charles Simabura S.H, M.H menyayangkan, “Mestinya, sebelum acara ini mesti diberikan dulu pertanyaan kepada kita, jadi kita bisa siapkan jawaban, ya”, ujarnya.

Dengan terlaksananya Wednesday Coffe Morning ini, setidaknya beberapa aspirasi dari mahasiswa kepada pimpinan telah tersampaikan. Sebaliknya, para pimpinan fakultas hukum juga dapat memberikan penerangan mengenai keluhan-keluhan, permasalahan, dan isu-isu yang beredar. Selain itu, dengan diskusi ini muncul pertimbangan terhadap beberapa kebijakan yang patut untuk diperbaiki mengingat kepentingan mahasiswa di kampus. *RFH

Ngopi: Diskusi ala Mahasiswa Hukum Reviewed by on . Badan Eksekutif Mahasiswa Negara Fakuktas Hukum Universitas Andalas (BEM NM FH-UA) pada Rabu, 18 Oktober 2017 mengadakan acara Wednesday Coffe Morning yang bert Badan Eksekutif Mahasiswa Negara Fakuktas Hukum Universitas Andalas (BEM NM FH-UA) pada Rabu, 18 Oktober 2017 mengadakan acara Wednesday Coffe Morning yang bert Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top