Rabu , 13 Desember 2017

Home » Uncategorized » Peran Penting Orang Tua dalam Mengatasi Kekerasan Terhadap Anak

Peran Penting Orang Tua dalam Mengatasi Kekerasan Terhadap Anak

Oktober 11, 2017 9:45 am Category: Uncategorized Leave a comment A+ / A-

Memasuki dunia persekolahan tentulah sangat menyenangkan bagi setiap anak yang haus akan ilmu pendidikan. Tempat dimana anak dapat bebas mengekspresikan diri serta menyalurkan minat dan bakatnya yang nantinya dapat bermanfaat untuk diri sendiri dan masyarakat. Selain itu, hal tersebut juga merupakan pengharapan dari orang tua kepada anaknya untuk dapat menyongsong masa depan yang cerah.
Pada dunia persekolahan, diantara beberapa anak ada yang tidak dapat mengekspresikan dirinya dengan baik agar dapat bersosialisasi dengan anak lainnya. Hal ini terlihat dari banyaknya kasus yang “bullying”. Bullying adalah perbuatan yang tidak mencerminkan kesusilaan terhadap manusia, dimana satu orang atau kelompok yang menganggap dirinya kuat yang menindas orang yang dianggapnya lemah. Perbuatan tersebut seperti gangguan fisik maupun mental yang dilakukan kepada orang yang dianggap lemah secara berkelanjutan, yang membuat orang sebagai korban bully tersebut merasa hak asasinya terganggu dan tidak nyaman bagi dirinya.
Banyak kasus terjadi di negeri ini, salah satunya yang sangat menyayat hati yakni kasus bullying di kota Bogor yang terjadi pada korban bernama Hillarius yang dipaksa beradu ala gladiator melawan sekolah lain. Seharusnya ini menjadi perhatian dari pemerintah dan aparat penegak hukum agar dapat memberikan kepastian hukum serta keadilan dalam hal ini. Jika tidak, akan banyak lagi predator-predator bullying yang dapat memakan banyak korban yang akan menadi calon penerus bangsa kedepannya. Selain peran pemerintah yang dibutuhkan dalam hal ini, peran penting dari pihak keluarga juga menjadi hal utama. Keluarga dalam hal ini orang tua seharusnya mengajarkan anak untuk menghargai sesama, mengajarkan akhlak atau kepribadian yang bermoral, dan membimbingnya untuk tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan aturan dan norma yang dapat merugikan hak orang lain.
Dalam Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, atas kasus kekerasan telah diatur sedemikian rupa bagi pelaku kekerasaan tersebut. Dimana setiap orang yang melakukan kekerasan atau penganiayaan terhadap anak akan dipidana 3 tahun 6 bulan atau denda 72 juta. Jika yang melakukan tindakan kekerasan masih dibawah umur, tindakan yang pantas yakni dikeluarkan dari sekolahnya dan diberikan pendidikan moral oleh lembaga yang berwenang.
Kekerasan terhadap anak seharusnya tidak terulang lagi di sekolah ataupun dalam masyarakat, karena perbuatan itu sama sekali tidak mencerminkan suatu negara yang bermoral dan mengahargai akan hak asasi setiap manusia. Jika anak-anak yang akan menjadi pionir penerus bangsa tidak mematuhi aturan dan norma yang ada, maka hal tersebut berdampak sangat besar bagi keadaan kehidupan bernegara dimasa mendatang. *DDA

Peran Penting Orang Tua dalam Mengatasi Kekerasan Terhadap Anak Reviewed by on . Memasuki dunia persekolahan tentulah sangat menyenangkan bagi setiap anak yang haus akan ilmu pendidikan. Tempat dimana anak dapat bebas mengekspresikan diri se Memasuki dunia persekolahan tentulah sangat menyenangkan bagi setiap anak yang haus akan ilmu pendidikan. Tempat dimana anak dapat bebas mengekspresikan diri se Rating: 0

Related Posts