Rabu , 13 Desember 2017

Home » Peristiwa » Eksekusi Lahan Menuju Unand Berlangsung Ricuh, Mahasiswa Turut Dirugikan

Eksekusi Lahan Menuju Unand Berlangsung Ricuh, Mahasiswa Turut Dirugikan

Januari 19, 2017 7:22 am Category: Peristiwa Leave a comment A+ / A-

Rabu, 18 Januari 2017 di Jalan Dr. Mohamad Hatta, Kelurahan Kapalo Koto, Kecamatan Pauh  Padang Sumatera Barat, telah dilaksanakan eksekusi tanah yang luasnya diperkirakan mencapai 15 hektar, eksekusi ini mendapat perlawanan dari warga sekitar sehingga berlangsung ricuh dan meresahkan .

Mulai dari Pukul 06:00 WIB aparat kepolisian dibantu oleh TNI telah berada di lokasi kejadian, sekitar pukul 7 pagi warga menghadang aparat kepolisian yang melaksanakan tugas dengan melakukan pembakaran ban. Sekelompok perempuan menghadang mobil dalmas yang merangsek maju, mereka berteriak-teriak histeris meminta polisi untuk mundur sehingga negosiasi antara aparat keamanan yang bertugas dengan warga pun tidak dapat dilaksanakan. Kemudian polisi  menyemprotkan air dari water canon untuk membubarkan massa.

Keadaan sempat aman beberapa saat, sampai sekelompok warga kembali melakukan perlawanan dengan melempari petugas menggunakan batu dan membakar ban. Polisi kemudian menyita bensin-bensin dalam jerigen plastik dan mengamankan beberapa orang pemuda yang melakukan perlawanan.  Selama bentrokan terjadi akses transportasi ditempat eksekusi ditutup total selama lebih kurang tiga jam sehingga aparat kepolisian meminta izin khusus kepada Direktur Politeknik Negeri Padang untuk meniadakan kegiatan perkuliahan selama proses eksekusi berlangsung yang menyebabkan ujian UAS yang dijadwalkan pada hari tersebut terpaksa ditunda. Listrik di daerah sekitar tempat eksekusi juga di padamkan selama eksekusi berlangsung (Pukul 08:00-15:00).

Eksekusi yang berlangsung di jalan menuju kampus Unand ini telah mengakibatkan kerugian bagi mahasiswa Unand dan PNP. Selain tengah diadakannya UAS bagi mahasiswa PNP, sebagian mahasiswa Unand juga tengah melaksanakan ujian kompre, dan ada juga beberapa mahasiswa yang berkepentingan ke kampus mengrus beberapa urusan sebelum perkuliahan dimulai. Peristiwa ini dianggap cukup mengganggu, mahasiswa terpaksa harus mencari jalan alternatif lain agar bisa menuju kampus, tentu hal ini memakan waktu cukup lama dari biasanya.

Sebenarnya sengketa perdata tanah di Kapalo Koto ini sudah berlangsung sejak lama. Di mulai pada tahun 1984 yaitu Bakar Andik dan Zulkifli mengajukan perkara sengketa tanah ke pengadilan, putusan pengadilan menetapkan Bakar Andik berhak atas tanah tersebut. Terjadi perdamaian dan disepakati pembagian tanah. Setelah Bakar Andik dan Zulkifli meninggal dunia Mak Rajil yang mengaku ahli waris Zulkifli mengajukan gugatan kepada anak-anak dari  Zulkifli, gugatan ini dimenangkan oleh Mak Rajil namun bertahun-tahun berlalu putusan tersebut tidak juga di eksekusi. Sampai diajukannya permohonan eksekusi oleh Mansyar yang mengaku ahli warisi dari Mak Rajil.

Namun berdasarkan keterangan dari Debi yang merupakan pihak yang kalah di peradilan, tanah tersebut merupakan tanah Pusako suku Jambak, Debi cs mengaku selalu menghadiri proses persidangan sedangkan Mansyar yang mengajukan permohonan eksekusi tidak pernah menghadiri persidangan sekalipun, yang hadir hanya pengacaranya yang bernama Doni saja. Deby cs mengaku pada saat ini mereka sedang mengajukan banding ke peradilan  dan  mereka  tidak pernah  mendapatkan surat pemberitahuan eksekusi.

Selama proses eksekusi ini berlangsung empat buah bangunan telah dirobohkan oleh pihak yang berwenang, bangunan tersebut terdiri atas: satu buah bangunan semi permanen yang merupakan tempat penjualan ayam potong dan tiga buah rumah warga.*ayu

Eksekusi Lahan Menuju Unand Berlangsung Ricuh, Mahasiswa Turut Dirugikan Reviewed by on . Rabu, 18 Januari 2017 di Jalan Dr. Mohamad Hatta, Kelurahan Kapalo Koto, Kecamatan Pauh  Padang Sumatera Barat, telah dilaksanakan eksekusi tanah yang luasnya d Rabu, 18 Januari 2017 di Jalan Dr. Mohamad Hatta, Kelurahan Kapalo Koto, Kecamatan Pauh  Padang Sumatera Barat, telah dilaksanakan eksekusi tanah yang luasnya d Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top