Selasa , 11 Desember 2018

Home » Uncategorized » Sehari Bersama Dekat, Jalin Kedekatan antar Mahasiswa dan Dekan

Sehari Bersama Dekat, Jalin Kedekatan antar Mahasiswa dan Dekan

November 15, 2018 5:14 am Category: Uncategorized Leave a comment A+ / A-

Berlokasi di Ruang Sidang Dekanat Lt. II Fakultas Hukum Universitas Andalas (FHUA), telah berlangsung acara “Sehari Bersama Dekan” yang diadakan BEM FHUA dengan mengusung tema “Mengenal Lebih Dekat Program Dekan FHUA”, pada Rabu (14/11).

Acara ini dihadiri langsung oleh Busyra Azheri, selaku Dekan FHUA, didampingi Wakil Dekan I, Ferdi; Wakil Dekan III, Lerry Patra; Kepala Bagian Tata Usaha, Azral; Kepala Sub Bagian Umum Keuangan, Deswan; serta Kepala Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, Yulidar. Selain itu, acara ini dihadiri oleh perwakilan dari Lembaga Otonom FHUA dan mahasiswa dari berbagai angkatan.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi antar mahasiswa dengan pimpinan fakultas serta mengetahui visi misi pimpinan fakultas kedepannya mengingat saat ini baru dilantiknya pimpinan FHUA periode 2018/2022.
Dalam sambutannya, Ikhbal Gusri selaku Presiden Mahasiswa NM FHUA, menyampaikan bahwa mahasiswa harus menjalankan fungsi kontrol sosial.

“Mahasiswa sebagai generasi penerus yang salah satunya menjalankan fungsi dan kontrol sosial, kita tidak hanya melulu bicara mengenai kebijakan-kebijakan politik dan hukum di negeri ini, sebenarnya kita punya hal yang lebih sederhana yaitu kontrol sosial di lingkungan kampus. Maka oleh karena itu, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu wadah bagi mahasiswa untuk menyampaikan aspirasi dan keluh kesah serta mampu mencarikan solusi terhadap permasalahan yang ada di lingkungan FHUA”.

Dalam acara yang berlangsung selama 3 jam ini, salah satu fokus pembahasannya adalah Program Dekan mengenai Penguatan Lembaga Kemahasiswaan, program tersebut antara lain :

1. Menyusun Program Tahunan bidang kemahasiswaan dengan mengedepankan prinsip transparansi dan partisipasi yang didasarkan pada inovasi dan kreatifitas yang mampu meningkatkan kompetensi keilmuan.
2. Mendorong budaya menulis mahasiswa melalui penerbitan jurnal mahasiswa dan buletin mahasiswa.
3. Meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam penelitian bersama dosen.
4. Mendorong kegiatan diskusi berbasis keilmuan hukum pada masing-masing himpunan mahasiswa.
5. Mendorong mahasiswa untuk mengikuti kompetisi dibidang ilmiah pada level nasional dan internasional.
6. Membekali mahasiswa dengan kegiatan soft skill untuk meningkatkan daya saing.
7. Meningkatkan sarana dan prasarana penunjang bagi aktifitas kegiatan mahasiswa.
8. Membangun dialog secara periodik tiga bulan sekali dengan civitas akademika khususnya mahasiswa dalam rangka menerima masukan dan kritikan khususnya menyangkut proses belajar mengajar dan pelayanan terhadap mahasiswa.
9. Memberikan penghargaan bagi mahasiswa berprestasi dan aktivis kampus melalui prioritas pemberian beasiswa dan bentuk penghargaan lainnya.

Selain itu, Busyra juga merencanakan:
1. Mencetak tamatan hukum dibidang syariah.
2. Merancang labor hukum yang didalamnya terdapat KBH, mediasi, contract drafting, legal drafting dan sebagainya.
3. Mencanangkan program magang yang sifatnya pilihan (boleh iya boleh tidak) dengan muatan 10 SKS dan setelah itu akan diujikan.

Pada acara ini mahasiswa juga diberi kesempatan menyampaikan keluhannya. Beberapa keluhan mahasiswa yang disampaikan antara lain, mengenai transparansi birokrasi dana kegiatan mahasiswa, dosen yang jarang masuk, dosen yang tidak memberi RPS, literatur di perpustakaan yang sedikit, penyampaian informasi yang kurang jelas, kesulitan saat mengisi Kartu Rencana Studi (KRS), Program Kekhususan (PK) yang tidak sesuai dengan minat bakat mahasiswa dan sarana prasarana yang kurang memadai seperti ruangan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang tidak mencukupi, kebersihan lingkungan fakultas, serta toilet yang kurang memadai serta air yang keruh.

Menanggapi keluhan-keluhan yang disampaikan oleh mahasiswa, dekan beserta jajarannya menerima dan merespon secara positif, dan nantinya akan dijadikan sebagai bahan untuk evaluasi.*Okt,Za

Sehari Bersama Dekat, Jalin Kedekatan antar Mahasiswa dan Dekan Reviewed by on . Berlokasi di Ruang Sidang Dekanat Lt. II Fakultas Hukum Universitas Andalas (FHUA), telah berlangsung acara “Sehari Bersama Dekan” yang diadakan BEM FHUA dengan Berlokasi di Ruang Sidang Dekanat Lt. II Fakultas Hukum Universitas Andalas (FHUA), telah berlangsung acara “Sehari Bersama Dekan” yang diadakan BEM FHUA dengan Rating: 0

IMG_20181115_045631

Leave a Comment

scroll to top