Rabu , 13 Desember 2017

Home » Sosok » Selamat Ulang Tahun Mr. M Yamin

Selamat Ulang Tahun Mr. M Yamin

Agustus 24, 2015 10:02 am Category: Sosok Leave a comment A+ / A-

Talawi, Sawahlunto, merupakan kota tua yang menjadi saksi bisu lahirnya sosok besar pendiri bangsa Indonesia, di tengah percikan darah perjuangan dan semangat nasionalisme. Mr Muhammad Yamin, terlahir dari pasangan Baginda Khatib (asal Sawahlunto) dan Siti Sadah (asal Padang Panjang) tanggal 24 Agustus 1903. Mengikuti berbagai gerakan dan organisasi kepemudaan seperti Partindo, Gerindo, Jong Sumateranen Bond, dan Putera serta juga tergabung dalam anggota Volkstraad, M.Yamin semakin menampakkan taringnya di hadapan pemuka-pemuka Belanda.

Pemuda bangsa yang pernah mengenyam pendidikan di Hollands Chinlandshe school (HIS) Palembang dan Algemene middelbare school (AMS) ini merupakan tokoh penting dalam sejarah sumpah pemuda. Kongres Pemuda I 30 April-2 Mei 1926 mengawali terbentuknya perkumpulan pemuda-pemuda yang kemudian membentuk kongres di Jakarta dipimpin oleh M. Tabani. Sesuai kongres dibentuklah perkumpulan mahasiswa-mahasiswa Indonesia di Jakarta yang diberi nama Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia (PPPI) yang bertujuan untuk mempererat integritas bangsa terutama di kalangan pemuda. M. Yamin merupakan salah seorang tokoh yang berpengaruh di dalamnya, disamping Suketi, Sugondo, Suwiryo, S. Reksodiputro, Amir Syarifuddin, dll.

Dilanjutkan dengan kongres pemuda II tanggal 26-28 oktober 1928 yang dihadiri oleh sembilan organisasi pemuda dan sejumlah tokoh politik. “Satu nusa, satu bangsa, satu bahasa Indonesia,” sumpah setia yang telah membawa Indonesia pada puncak integrasi ideologi nasional. Diakhiri dengan kumandang lagu Indonesia raya, ciptaan W.R. Supratman seiring dengan naiknya bendera merah putih. Sumpah pemuda pada hari itu memberikan kesan yang begitu mendalam bagi segenap bangsa hingga saat ini. M. Yamin beserta tokoh-tokoh nasional lainnya telah berjuang menanamkan nilai-nilai kesatuan, persatuan, kemandirian, serta kebebasan dari jiwa-jiwa pemuda Indonesia.

Disamping menjadi pelopor lahirnya sumpah pemuda, M. Yamin juga turut serta menyumbangkan ide dan pemikiran briliannya dalam sejarah pembentukan dasar negara melalui sebuah organisasi bentukan Belanda, BPUPKI.  Sarjana hukum lulusan 1932 ini menyampaikan usulan dalam bentuk lisan dan tulisan yang turut berperan kuat dalam kelahiran pancasila tanggal 1 juni 1945.

Sejak terpilihnya presiden pertama RI, Soekarno, M.Yamin telah menduduki peran penting dalam pemerintahan. Yakni sebagai Menteri pendidikan, pengajaran dan kebudayaan. Di masa jabatannya, Yamin banyak mendorong pendirian universitas-universitas negeri dan swasta di Indonesia, termasuk salah satunya Universitas Andalas, Padang. Pada saat menjabat sebagai Menteri kehakiman tanpa gaji dan remisi, Yamin mengeluarkan 950 orang tahanan yang dicap komunis dan sosialis, yang banyak mendapat kritikan anggota DPR. Namun Yamin berani bertanggungjawab atas tindakan kontrovesialnya itu.

Tidak cukup sampai disitu, gelar pahlawan nasional sangat pantas disematkan pada sastrawan muda berbakat ini. Berbagai karya dan syair-syair terkemuka lahir dari tinta pena seorang M.Yamin. Sebut saja sajak tanah air (1922), Indonesia tumpah darahku (1928), Ken Arok dan Ken Dedes (1948), Revolusi Amerika (1951), dll. Master in de rechten M. Yamin merupakan tokoh sejuta bidang dan sosok kreatif, inovatif serta berbakat. Jiwa penuh ambisius dan semangat nasionalisme tak pernah hinggap dari jiwanya. Pujangga dan penyair dengan berbagai karya fenomenal serta yang terpenting tokoh besar yang lahir dari Bumi Minangkabau.

“Tak perlu jauh mencari sosok inspiratif dalam hidup ini, sebab kampungmu punya jutaan pemuda berbakat untuk kau teladani dank au banggakan.”

**Za

Selamat Ulang Tahun Mr. M Yamin Reviewed by on . Talawi, Sawahlunto, merupakan kota tua yang menjadi saksi bisu lahirnya sosok besar pendiri bangsa Indonesia, di tengah percikan darah perjuangan dan semangat n Talawi, Sawahlunto, merupakan kota tua yang menjadi saksi bisu lahirnya sosok besar pendiri bangsa Indonesia, di tengah percikan darah perjuangan dan semangat n Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top