Selasa , 19 Juni 2018

Home » Uncategorized » Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi-JK: Kesenjangan Menurun?

Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi-JK: Kesenjangan Menurun?

Februari 21, 2018 12:57 am Category: Uncategorized Leave a comment A+ / A-

Joko Widodo: “Kita harus kerja keras mati-matian dalam rangka menurunkan angka kesenjangan kita. Baik kesenjangan antar wilayah, kesenjangan kaya dan miskin, yang ini menjadi sebuah concern besar pemerintah kita ke depan.”

Berbagai macam informasi dipaparkan mengenai keberhasilan, tantangan, serta problematika pemerintahan Jokowi-JK dalam Diskusi Nasional ‘Road Show Capaian Tiga Tahun Jokowi-JK’ di Convention Hall Universitas Andalas, pada Selasa (20/2). Universitas Andalas mendapat kehormatan sebagai kampus ketiga atau yang pertama di luar Jawa, menjadi tuan rumah dalam acara bertajuk #KSPMendengar. Sebelumnya, rangkaian acara serupa berlangsung di Universitas Gadjah Mada dan Universitas Padjajaran.

Diskusi nasional yang dipandu Enda Ginting dari Kantor Staf Kepresidenan dihadiri sekitar 600 peserta. Acara yang bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unand itu juga menghadirkan pembicara seperti guru besar jurusan Sosiologi FISIP Unand Afrizal, Ketua Nagari Development Center (NDC)-Unand Eri Gas Ekaputra, Pemimpin Redaksi Padang Ekspres Heri Sugiarto, serta Walinagari Sungai Kamu yang Ketua Forum Wali Nagari (Forwana) Provinsi Sumatera Barat Irmaizar.

Terlepas dari tantangan dan problematika yang dihadapi,  tiga tahun kinerja pemerintahan Jokowi-JK tidak terlepas dari keinginan mewujudkan pembangunan yang berkeadilan. Hal tersebut dipaparkan Deputi II  Kepala Staf Kepresidenan,  Yanuar Nugroho yang menggantikan Moeldoko karena tidak bisa hadir. Beberapa topik yang dibahas diantaranya menyangkut pembangunan desa, pengentasan kemiskinan, masalah kesehatan, gizi, reformasi agraria dan masalah lainnya. Yanuar menjelaskan, ada tiga program yang mengacu pada konsep pembangunan berkeadilan dimaksud, mencakup program afirmasi, infrastruktur menembus isolasi dan menyiapkan angkatan kerja.

Fondasi (dengan pembangunan infrastruktur), percepatan dan pemerataan menjadi tahap fokus pemerintahan Jokowi-JK dalam menekan angka kesenjangan. Dalam roadshow kali ini juga memaparkan tiga tahun capaian pemerintahan Presiden Jokowi-JK berhasil dalam pembangunan ekonomi (pengentasan kemiskinan dan bantuan sosial), menekan ketimpangan antar wilayah, kestabilan ekonomi dengan kebangkitan koperasi-koperasi, harga kebutuhan semakin terjangkau, pemberian subsidi, utang luar negeri terkendali dan angka pengangguran yang turun.

“Pada tahun 2014 angka kesenjangan mencapai 0,414 persen, sedangkan pada tahun 2017 turun menjadi 0,393 persen. Dan juga mengenai kemiskinan, saat ini terjadi penurunan dari 10,96 persen pada 2014 menjadi 10,64 persen pada Maret 2017”, ujar Yanuar.

Menanggapi hal tersebut, sosiolog Universitas Andalas Afrizal menilai meskipun angka kemiskinan turun tapi tetap ada disparitas antara perkotaan dan perdesaan. Tanggapan lain disampaikan oleh Heri Sugiarto selaku Pimpinan Redaksi Padang Ekspres mengenai beberapa hal selama pemerintahan Jokowi-JK yang ia temukan di lapangan, diantara masukan dan tanggapannya yaitu tidak sinkronnya aturan yang dibuat pemerintah pusat terutama dalam pengelolaan dana desa, ia menjelaskan cukup satu aturan saja yang mengatur dalam hal pengelolaan dana desa, dengan harapan agar ada realisasi dana desa yang lebih baik.

Kemudian, dalam hal penanganan kebakaran hutan perlu adanya penegasan pemerintah jika ada illegal logging. Selain itu, terhadap masalah kesehatan memang sudah ada program pemerintah dalam bidang kesehatan dalam wujud BPJS dan sebagainya. Namun, disatu sisi terdapat kendala di lapangan, banyak masyarakat miskin mengeluhkan pelayanan BPJS. Hal tersebut dapat diketahui dari banyak masyarakat yang seharusnya dirujuk ke rumah sakit, namun pihak rumah sakit berdalih dengan alasan kamar penuh. *Okt

Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi-JK: Kesenjangan Menurun? Reviewed by on . Joko Widodo: “Kita harus kerja keras mati-matian dalam rangka menurunkan angka kesenjangan kita. Baik kesenjangan antar wilayah, kesenjangan kaya dan miskin, ya Joko Widodo: “Kita harus kerja keras mati-matian dalam rangka menurunkan angka kesenjangan kita. Baik kesenjangan antar wilayah, kesenjangan kaya dan miskin, ya Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top