Rabu , 13 Desember 2017

Home » Sosok » Ukiran Prestasi Ari Wirya Dinata

Ukiran Prestasi Ari Wirya Dinata

April 3, 2016 7:33 am Category: Sosok Leave a comment A+ / A-

Cerdas, multitalenta, dan bersemangat, itulah karakter yang melekat pada sosok pemuda hebat, Ari Wirya Dinata. Lelaki yang akrab disapa Ari ini adalah lulusan terbaik Fakultas Hukum Universitas Andalas angkatan 2010 dengan predikat cumlaude  (3,93). Mungkin kesannya terlalu memuji, namun itulah kenyataannya. Berkat seabrek prestasi yang diraih, pemuda lulusan SMA 1 Muaro Bungo ini berhasil membawa nama Fakultas Hukum Unand di kancah nasional dengan berbagai kompetisi yang diikutinya. Salah satu dari segudang prestasi yang ia raih adalah peringkat satu naskah terbaik peradilan semu dalam pengujian undang-undang untuk jurnal Mahkamah Konstitusi se-Sumatera dan Kalimantan. Dilanjutkan dengan juara pertama lomba debat peradilan semu yang juga diadakan oleh Mahkamah Konstitusi tersebut.

Selain dengan prestasi yang ia miliki, pemuda yang awalnya bercita-cita sebagai Akuntan dan Menteri Luar Negeri ( Menlu) ini juga banyak bergabung dalam berbagai kegiatan organisasi tingkat fakultas maupun universitas. Mantan presiden International Law Student Asosiation (ILSA) ini, pernah bergabung sebagai staf Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) BEM-KM Unand. Tidak sekedar itu saja, sampai saat ini Ari masih disibukkan dengan aktifitasnya sebagai Peneliti Muda Pusat Study Konstitusi (PUSaKO). Bukan hanya pintar dalam bidang menulis dan debat, prestasi akademik yang dimiliki Ari mampu mengantarkannya menjadi satu-satunya mahasiswa Fakultas Hukum Angkatan 2010 yang mendapatkan Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di Universitas Leiden, Belanda. Saat ini Ari tengah menunggu Konfirmasi dari pihak Leiden itu sendiri, yang mana pendaftarannya dibuka pada bulan April 2016 untuk mahasiswa Asia dan luar Eropa. Perkuliahannya akan dimulai bulan September 2016.

Pria yang ciri khasnya suka berbicara cepat ini mengaku bahwa semasa SMA ia tidak pernah mengikuti lomba debat atau menulis apapun. Ari lebih sering mengikuti lomba LCC tingkat SMA, hal inilah yang mempengaruhi kecepatan cara bicaranya sampai saat ini.Terlepas dari itu semua, Ari menyadari bahwa keberhasilan yang ia raih saat ini tidak lepas dari dukungan dan motivasi para dosen Fakultas Hukum Unand. Baginya semua dosen memberikan banyak inspirasi, diantaranya adalah Bapak Ilhamdi Taufik, Saldi Isra, Khairul Fahmi, Charles Simabura yang berada pada barisan terdepan. Selain itu Bapak Feri Amsari juga masuk dalam daftar orang yang mendukung karirnya sampai saat ini, dikarenakan banyaknya kegiatan yang dilakukan Ari bersama Feri yang selalu memotivasinya di beberapa kegiatan yang ia jalani tersebut.

Disamping dukungan dan motivasi yang diberikan kepadanya, ternyata Ari Wirya Dinata ini juga mengidolakan Hassan Wirajuda selaku Menlu zaman kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Menurutnya pria tamatan Harvard University itu adalah sosok yang gemilang dalam karirnya dan pintar sebagai ahli hukum. Ari juga sempat berbincang-bincang dengan Hassan Wirajuda ini di salah satu kompetisi yang pernah diadakan oleh Kemenlu itu sendiri. Bagi Ari, momen yang paling berharga dan tidak terlupakan adalah ketika ia mengikuti lomba debat peradilan semu yang saat itu diliput langsung oleh Metro TV.

Ari juga berbagi tips terkait dengan kesuksesannya tersebut. “Ngomong masalah tips sih, yang penting fokus, ikhlas, dan selalu belajar dari kegagalan aja, setiap orang memiliki kemampuan dan kecerdasannya masing-masing, tergantung gimana kamu menikmati setiap proses yang kamu jalani serta gunakan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya”, tutur Ari dengan senyum manisnya. Tentunya ada kegagalan dibalik setiap prestasi yang telah dicapai oleh seorang Ari Wirya Dinata. Namun, kegagalan tidak membuatnya putus asa dan berhenti untuk mencoba. Kegigihan dan semangat untuk bangkit adalah modal penting dalam menghadapi jutaan kerikil yang menghiasi hidup ini, karena suatu saat nanti, jutaan kerikil itu akan menjadi bagian penting dari cerita kesuksesan orang-orang yang berhasil melewatinya.

By: bl

Ukiran Prestasi Ari Wirya Dinata Reviewed by on . Cerdas, multitalenta, dan bersemangat, itulah karakter yang melekat pada sosok pemuda hebat, Ari Wirya Dinata. Lelaki yang akrab disapa Ari ini adalah lulusan t Cerdas, multitalenta, dan bersemangat, itulah karakter yang melekat pada sosok pemuda hebat, Ari Wirya Dinata. Lelaki yang akrab disapa Ari ini adalah lulusan t Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top