Selasa , 19 Juni 2018

Home » Uncategorized » Upaya Praperadilan: “Kami Bersama Dayu”

Upaya Praperadilan: “Kami Bersama Dayu”

Februari 14, 2018 3:44 am Category: Uncategorized Leave a comment A+ / A-

Tim advokasi masyarakat adat Gunung Talang, LBH Padang, perwakilan keluarga dan masyarakat melakukan aksi “Kami bersama Dayu” dari kantor Komnas HAM hingga Pengadilan Negeri Padang, pada Selasa (13/2). Aksi dilakukan guna menuntut pembebasan saudara Dayu yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembakaran satu unit mobil kerja milik PT. Hitay Daya Energy pembangunan proyek pembangkit panas bumi (geothermal) dikawasan Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Upaya ini merupakan bentuk penolakan serta dasar bagi tim advokasi masyarakat adat Gunung Talang untuk mengajukan permohonan praperadilan terhadap tindakan aparat kepolisian yang melakukan penangkapan, penahanan dan penetapan tersangka terhadap Dayu, permohonan praperadilan diajukan karena tindakan yang dilakukan aparat dinilai tidak sah serta melanggar prosedur hukum. Hal tersebut dianggap sebagai bentuk kriminalisasi terhadap Dayu yang nyatanya belum terbukti melakukan tindakan kejahatan, namun seolah dipaksakan menjadi tersangka atau pelaku kriminal.

Aulia Rizal selaku juru bicara tim advokasi masyarakat adat Gunung Talang menuturkan, bahwa fokus praperadilan ini dikhususkan terlebih dahulu untuk Dayu. Ia menilai, tidak terpenuhinya syarat formil dan syarat materil dalam proses penangkapan, penahanan, dan penetapan terhadap Dayu. Pasalnya, hingga saat ini belum ada bukti dari kepolisian sendiri yang mengungkapkan bahwa tuduhan atas penghasutan dan membantu upaya pembakaran yang dilakukan Dayu adalah benar atau salah. Disamping itu, ia juga berharap agar pengadilan menyatakan bahwa penangkapan, penahan dan penetapan terhadap Dayu ini tidak sah, sehingga tidak akan ada lagi korban yang bernasib sama seperti Dayu dan terjadinya kriminalisasi terhadap orang-orang yang memperjuangkan hak hidupnya serta hajat hidup orang banyak terutama lingkungan yang baik bagi seluruh masyarakatnya.

Hingga saat ini, proses hukum terhadap Dayu masih terus berlanjut. Pengadilan diminta untuk objektif dalam memutus kasus ini, menegakkan prinsip-prinsip keadilan dan kebenaran diatas segalanya, serta memberikan pelajaran terhadap aparat penegak hukum maupun orang-orang yang melanggar hukum. *BLA

Upaya Praperadilan: “Kami Bersama Dayu” Reviewed by on . Tim advokasi masyarakat adat Gunung Talang, LBH Padang, perwakilan keluarga dan masyarakat melakukan aksi “Kami bersama Dayu” dari kantor Komnas HAM hingga Peng Tim advokasi masyarakat adat Gunung Talang, LBH Padang, perwakilan keluarga dan masyarakat melakukan aksi “Kami bersama Dayu” dari kantor Komnas HAM hingga Peng Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top