Rabu , 13 Desember 2017

Home » Kegiatan » Usai Bakti, Maba Kembali Lakukan Pedekate

Usai Bakti, Maba Kembali Lakukan Pedekate

Agustus 16, 2016 5:04 pm Category: Kegiatan Leave a comment A+ / A-

Senin, 15 Agustus 2016 merupakan awal masa perkuliahan bagi seluruh mahasiswa di Universitas Andalas Padang. Hari itu mahasiswa baru Fakultas Hukum Universitas Andalas resmi tergabung dalam masyarakat kampus merah, untuk itu Panitia Bakti Fakultas Hukum tahun 2016 mengadakan kembali kegiatan pengenalan sekaligus pengakraban mahasiswa baru dengan mahasiswa senior, staf dan para dosen di Fakultas Hukum Universitas Andalas, yang pada tahun lalu juga diselenggarakan. Kegiatan ini dilakukan dengan teknis yang sama seperti tahun lalun, hanya saja jangka waktunya diperpendek menjadi satu hari. Setiap mahasiswa baru yang telah dibagi dalam dua puluh kelompok membuka stand makanan di gazebo dan lorong dekanad Fakultas Hukum Universitas Andalas.

Setiap stand diberikan nomor dan nama kelompok yang diambil dari istilah-istilah dan asas-asas hukum. Makanan dan minuman yang disajikan pun sangat beragam, mulai dari kue basah, kuekering, snack, bahkan sarapan pagi seperti lontong. Semuanya disediakan secara cuma-cuma alias gratis bagi Masyarakat Hukum Universitas Andalas, hanya saja bagi yang mengunjungi stand harus membubuhkan tanda tangan pada buku tamu yang telah disediakan disetiap stand. Menurut salah satu kelompok, jika mereka berhasil mengumpulkan banyak tandatangan berarti mereka sukses melaksanakan kegiatannnya.

Berbagai respon diungkapkan oleh para senior, ada yang mendukung penuh kerena kegiatan ini memiliki nilai manfaat, salah satunya untuk mewadahi adik-adik mahasiswa baru untuk bersosialisasi dengan para seniornya, dan ada juga yang berkomentar hal tersebut merugikan adik-adik mahasiswa baru dari segi ekonomi. Ditemui di tempat kegiatan, Dwiyanti Adesra Puteri angkatan 2014, salah satu Panitia Bakti Fakultas Hukum Universitas Andalas 2016 mengungkapkan bahwa, kegiatan ini dapat dilihat melalui dua sisi. Pertama, dari prespektif mahasiswa baru, bahwa kegiatan ini menguntungkan bagi adik-adik mahasiswa baru karena dapat mengenal para seniornya walaupun tidak secara keseluruhan, namun setidaknya mereka kenal dengan wajah-wajah senior dan akan meningkatkan interaksi antara mahasiswa baru dengan seniornya, selain itu Dwi juga mengharapkan agar jangan hanya dari adik-adik mahasiswa baru saja yang gencar melakukan pendekatan, “kitapun sebagai senior jangan sampai mampir ke stand adik-adik mahasiswa baru itu hanya sekedar untuk mencari makanan atau minuman belaka, namun ajak mereka untuk berinteraksi karena kita akan sama-sama menjalani perkuliahan di Fakultas Hukum Universitas Andalas ini”, tutur Dwi .

Kedua, dari sisi financial, Dwi memaparkan bahwa, mahasiswa baru tentu akan mengalami kerugian dengan mengeluarkan biaya, namun tentu mereka akan menyumbang bersama-sama dan untuk makanannya pun tidak ditentukan, jadi mereka dapat meyediakan makanan dan minuman yang sesuai dengan kemampuan ekonomi mereka masing-masing. Dengan adanyakegiatan ini, hubungan mereka sesame angkatan pun akan semakin kompak. Dwi juga menambahkan bahwa kegiatan hari itu sukses dengan adanya beberapa stand yang sold out, ini membuktikan bahwa masyarakat kampus merah ikut aktif berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Salah satu kelompok memberikan komentar bahwa mereka sangat senang dengan acara ini karena mereka dapat mengenal sedikit banyaknya senior-senior mereka, namun mereka menyayangkan sikap sesame mahasiswa baru, karena ada beberapa dari mereka yang berpura-pura menjadi senior mendatangi stand dan mengisi buku tamu dengan nomor angkatan yang asal-asalan. Selain itu banyak senior yang memanfaatkan kegiatan ini untuk mengumpulkan makanan sebanyak-banyaknya. Kemudian mengenai dana, mereka sama sekali tidak merasa terbebani,” nggak papa sih kak, ikhla saja” tutur salah satu anggota kelompok tersebut. *Nol, Sur, Syh

Usai Bakti, Maba Kembali Lakukan Pedekate Reviewed by on . Senin, 15 Agustus 2016 merupakan awal masa perkuliahan bagi seluruh mahasiswa di Universitas Andalas Padang. Hari itu mahasiswa baru Fakultas Hukum Universitas Senin, 15 Agustus 2016 merupakan awal masa perkuliahan bagi seluruh mahasiswa di Universitas Andalas Padang. Hari itu mahasiswa baru Fakultas Hukum Universitas Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top